DINDING PENAHAN TANAH

DINDING PENAHAN TANAH

Lapisan horisontal perkuatan geosintetik dapat diaplikasikan pada tanah timbunan sistem dinding penahan tanah untuk memberikan suatu massa tanah diperkuat yang berfungsi seperti struktur gravity walls guna menahan tekanan lateral yang terjadi dibelakang zone perkuatan.

Tipe material perkuatan yang biasa digunakan yakni geogrid, geotekstil woven dan polyester strap. Stabilitas lokal timbunan pada sisi depan dinding didapatkan dengan menyambungkan material perkuatan pada unit facing yang dapat terbuat dari material polimer, kayu, beton atau gabion dengan berbagai bentuk. Di beberapa daerah tercatat bahwa dinding penahan dengan material perkuatan geosintetik dapat dibangun sampai 50 % lebih murah dibandingkan dengan struktur gravity wall konvensional.

Beberapa variasi dari dinding perkuatan tanah dapat dilihat dari gambar-gambar di bawah ini :

Tipe-Tipe Dinding Penahan Tanah Dengan Perkuatan  

  

Analisa dan kalkulasi disain untuk dinding perkuatan tanah berkaitan dengan stabilitas eksternal, internal, facing dan mekanisme keruntuhan global. Stabilitas global merujuk pada mekanisme instabilitas yang terjadi diluar komposit massa tanah yang diperkuat. Analisa-analisa ini secara rutin dapat menggunakan metode analisis konvensional. Analisa tingkat lanjut juga dapat menggunakan soft ware berbasis finite elemen seperti Plaxis 2D/3D.